Biaya Layanan Shopee : 8 Cara Daftar & Berhenti 2020

Biaya Layanan Shopee – Aktivitas belanja online memang sudah menjadi hal biasa bagi semua orang, karena metode seperti ini dinilai lebih efisien waktu dan juga produk tersedia lengkap. Untuk memenuhi semua aktivitas belanja online, setiap pengguna dapat gunakan saja beberapa situs belanja online ternama seperti Shopee salah satunya.

Shopee menjadi wadah belanja online yang memiliki popularitas sangat tinggi bila dibandingkan dengan Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan lainnya. Saat ini memang sudah banyak sekali para pebisnis online shope beralih ke platform satu ini, selain karena pengguna cukup banyak, penjual juga memiliki beberapa alasan kuat kenapa harus Shopee.

Tentu semua sudah tahu, jika Shopee memiliki banyak promo sangat menggiurkan bagi pengguna seperti Cashback dan Gratis Ongkir. Dengan adanya promo gratis ongkir yang paling utama inilah alasan yang sering dilontarkan setiap seller, terlebih syarat dan ketentuan untuk mendapat gratis ongkir tanpa harus memenuhi minimal belanja.

Agar setiap penjual bisa memberikan promo gratis ongkir di toko masing-masing, maka pihak penjual harus mengikuti program yang sudah disediakan oleh Shopee. Program yang tersedia meliputi Gratis Ongkir XTRA dan Cashback XTRA, namun semua itu memiliki ketentuannya masing-masing seperti biaya layanan Shopee yang akan dibebankan ke setiap penjual.

Cara Daftar dan Berhenti Biaya Layanan Shopee Untuk Penjual

Cara Daftar dan Berhenti Biaya Layanan Shopee Untuk Penjual

Selain itu juga tersedia fitur IKLAN SHOPEE yang mana penjual dapat menggunakan fitur tersebut untuk kemajuan toko. Dari sekian banyak program dari Shopee yang ditujukan ke penjual, terdapat beberapa ketentuannya seperti biaya layanan, nah berikut ini Carabelanja.id akan informasikan secara lengkap kepada kalian semuanya.

Apa Itu Biaya Layanan Shopee

Menjadi seller di Shopee memang sangat menguntungkan sekali, sebagaimana sudah kalian ketahui sendiri jika Shopee menjadi marketplace dengan jumlah pengunjung paling besar. Besar kemugkinan hal ini berdampak positif bagi setiap seller, karena hampir 80% pengunjung pasti mau membeli suatu barang atau produk.

Nantinya setiap seller akan berkesempatan besar mendapatkan program Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA, keduanya memiliki keuntungan dan kerugian bagi setiap seller. Karena terdapat biaya layanan dikenakan per transaksi berhasil, lalu apa itu Biaya Layanan Shopee? Biaya Layanan Shopee adalah biaya yang dibebankan oleh Shopee yang sudah disediakan kepada setiap penjual atau seller terdaftar dalam program Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA.

Rincian Perhitungan Biaya

Setiap biaya layanan yang sudah disediakan Shopee memiliki ketentuannya masing-masing, semua dapat dilihat dari tipe penjual dan program yang telah diikuti. Berikut ini detail rincian perhitungan biaya layanan yang bisa kalian pelajari.

1. Program Cashback XTRA

Program Cashback XTRA

Penjual Non-Star Seller memiliki rincian seperti ini : Biaya Layanan =(Harga Asli Produk – Diskon Produk atau Voucher yang ditanggung oleh pihak penjual) x 1.4% (Diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%). Catatan “Biaya layanan program cashback XTRA belum termasuk biaya admin seller dan biaya layanan program gratis ongkir”.

Penjual Star Seller memiliki rincian seperti ini : Biaya Layanan =(Harga Asli Produk – Diskon Produk atau Voucher yang ditanggung oleh pihak penjual) x 1.4% (Diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%). Catatan “Biaya layanan program cashback XTRA belum termasuk biaya admin seller dan biaya layanan program gratis ongkir”.

Penjual Shopee Mall memiliki rincian seperti ini : Biaya Layanan =(Harga Asli Produk – Diskon Produk atau Voucher yang ditanggung oleh pihak penjual) x 1.4% (Diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%). Catatan “Biaya layanan program cashback XTRA belum termasuk biaya admin Shopee Mall 1%/2%/5% (tergantung ketegori produk) dan biaya layanan program Gratis Ongkir Xtra

Catatan : Maksimal dari biaya layanan program Cashback XTRA sebesar Rp. 10.000 per kuantitas produk untuk penjual Non Star Seller, Star Seller dan Shopee Mall.

2. Program Gratis Ongkir XTRA

Program Gratis Ongkir XTRA

Penjual Non-Star Seller memiliki rincian seperti ini : Biaya Layanan = (Harga Asli Produk- Diskon Produk atau Voucher Ditanggung Penjual) x 4.5%. Penjual bisa dapatkan Diskon Special 15% dari biaya layanan jika penjual telah mencapai total minimal 100 pesanan terselesaikan sejak bergabung dengan Shopee dengan ketentuan Penjual Non-star Seller dari 3.5% menjadi 3.83%. Catatan “Biaya layanan program cashback XTRA belum termasuk biaya admin seller.

Penjual Star Seller memiliki rincian seperti ini : Biaya Layanan = (Harga Asli Produk- Diskon Produk atau Voucher Ditanggung Penjual) x 3.5%. Penjual bisa dapatkan Diskon Special 15% dari biaya layanan jika penjual telah mencapai total minimal 100 pesanan terselesaikan sejak bergabung dengan Shopee dengan ketentuan Penjual Non-star Seller dari 2.5% menjadi 2.98. Catatan “Biaya layanan program cashback XTRA belum termasuk biaya admin seller

Penjual Shopee Mall memiliki rincian seperti ini : Biaya Layanan = (Harga Asli Produk- Diskon Produk atau Voucher Ditanggung Penjual) x 2%. Catatan “Biaya layanan program cashback XTRA belum termasuk biaya admin Shopee Mall 1%/2%/5% (tergantung ketegori produk).

Catatan : Maksimal dari biaya layanan program Cashback XTRA sebesar Rp. 10.000 per kuantitas produk untuk penjual Non Star Seller, Star Seller dan Shopee Mall.

Syarat dan Ketentuan Program Shopee

Jika kalian berminat dengan program yang diberikan oleh Shopee, maka ketahui terlebih dahulu akan beberapa syarat dan ketentuannya seperti berikut ini.

  • Toko memiliki minimal 1 produk dengan stok tersedia minimal 1
  • Toko memiliki akumulasi poin kurang dari 3
  • Status toko aktif dan sudah menerima pesanan dalam kurun waktu 7 hari terakhir
  • Penjual aktifkan jasa kirim seperti Shopee Express Standard, ID Express, Shopee Express Instant, J&T Express, Sicepat Reguler, Ninja Xpress dan Anteraja
  • Telah terdaftar program Gratis ongkir
  • Toko tidak mengaktifkan fitur toko libur
  • Pastikan tidak memiliki riwayat pesanan seperti pesanan tidak wajar, penyalahgunaan program lain untuk kepentingan pribadi

Cara Daftar Biaya Layanan Shopee

1. Buka Menu Browser

Browser

Pendaftaran hanya bisa dilakukan lewat smartphone, maka langsung saja buka browser

2. Silahkan masuk saja ke Link ini

Link Daftar

Untuk langkah selanjutnya cukup buka link disini untuk melanjutkan pendaftar program Gratis Ongkir XTRA

3. Silahkan Isi Formulir

Isi Fromulir Daftar

Lalu langkah berikutnya cukup klik centang saja pada bagian atas dan bawah lalu klik Kirim

4. Pendaftaran Berhasil

Pendaftaran Berhasil

Proses pendaftaran telah berhasil, proses pengajuan akan ditarik oleh Shopee setiap hari Senin jam 10 pagi

Cara Berhenti Biaya Layanan Shopee

1. Buka Aplikasi Shopee

Browser

Pengajuan berhenti hanya bisa dilakukan lewat smartphone, maka langsung saja buka Browser

2. Silahkan masuk saja ke Link ini

Link Berhenti

Untuk langkah selanjutnya cukup buka link disini untuk berhenti program Grtais Ongkir XTRA

3. Isi Formulir dan Masukan Alasan

Masukan alasan

Untuk langkah berikutnya cukup klik centang dan berikan deskripsi alasan kenapa berhenti program Gratis Ongkir XTRA

4. Pengajuan Berhenti Berhasil

Berhenti Berhasil

Proses pengajuan berhenti untuk program Gratis Ongkir XTRA berhasil, proses pengajuan akan ditarik oleh Shopee setiap hari Senin jam 10 pagi

FAQ

Apa Itu Biaya Admin?

Biaya yang dibebankan ke penjual Non-Star Seller yang sudah selesaikan 100 pesanan

Dimana Bisa Cek Total Pesanan?

Lewat Toko Saya, lalu klik menu Pesanan Selesai

Apakah Biaya Layanan Akan Dipotong Secara Otomatis?

Iya, biaya layanan akan dipotong secara otomatis jika pesanan sudah selesai

Seperti itulah informasi lengkap yang dapat Carabelanja.id sampaikan kepada penjual di Shopee, semoga saja artikel seperti diatas dapat membantu kalian semuanya.