10 Cara Bayar Bea Cukai Aliexpress Terbaru 2020

Cara Bayar Bea Cukai Aliexpress – Sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat Indonesia yang berbelanja di website luar negri seperti Aliexpress, Alibaba, Amazon dan lainnya untuk membayar pajak bea cukai barang yang dibeli. Cara bayar pajak atau bea cukai ini juga dapat dilakukan di beberapa tempat.

Kantor Pos dan jasa pengiriman dapat kita gunakan untuk membayar bea cukai barang yang kita beli dari luar negeri. Sebagai contoh ketika kita belanja di toko online Aliexpress, kita sudah harus membayar bea cukai. Cara bayar bea cukai Aliexpress ini akan kami bahas pada pertemuan kali ini.

Setiap cara yang kami sebutkan diatas, baik lewat kantor pos atau kantor jasa pengiriman, keduanya memiliki langkah yang berbeda-beda. Maka dari itu kalian dapat simak dengan seksama pembahasan yang akan kami sampaikan nantinya.

Pajak barang dari luar negeri memang cukup membuat kita merogoh kocek lebih, akan tetapi hal tersebut memang wajib adanya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara bayar bea cukai Aliexpress terbaru dibawah ini.

Cara Bayar Bea Cukai Aliexpress Terbaru

Cara Bayar Bea Cukai Aliexpress

1. Bayar Bea Cukai Aliexpress Lewat Kantor Pos

  • Setelah barang masuk ke pemeriksaan kantor bea cukai, maka akan diterbitkan surat tagihan pajak dan dikirim ke alamat penerima
  • Di dalam surat tagihan tersebut terdapat perincian perhitungan pajak yang harus dibayar, serta di kantor pos mana pembayaran harus dilakukan
  • Selanjutnya penerima mengunjungi kantor pos besar yang tercantum di dalam surat tagihan tersebut. Jangan lupa membawa surat tagihan, copy kartu identitas ( KTP, SIM, Paspor )
  • Datang ke bagian penerimaan paket luar negeri, bayar pajaknya. Dan setelah itu paket bisa diambil.
  • Selesai

2. Bayar Bea Cukai Aliexpress Lewat Jasa Pengiriman

  • Jika paket sudah masuk di bea cukai Bandara Soekarno-Hatta, maka petugas bea cukai akan melakukan kalkulasi pajak yang harus dibayar
  • Pihak jasa titipan paket akan menyesuaikan tambahan biaya lain-lain yang mungkin diperlukan, seperti biaya administrasi, biaya dokumen, biaya bank dan lain-lain
  • Selanjutnya pihak jasa titipan paket akan memberitahukan kepada penerima tentang jumlah paket yang harus dibayar. Biasanya melalui telepon atau email.
  • Jika penerima sudah konfirm tentang pajak yang harus dibayar, maka kurir akan mengantar paket ke alamat penerima. Dan penerima bisa membayar tagihan pajaknya kepada kurir tersebut.
  • Cara selanjutnya adalah dengan melakukan transfer ke rekening perusahaan jasa titipan paket, dan setelahnya paket akan dikirim oleh kurir perusahaan yang bersangkutan.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap dan menarik mengenai cara bayar bea cukai Aliexpress. Cara yang kami sampaikan diatas tentu sangat mudah untuk dipahami bahkan bagi para pemula sekalipun. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.