15 Cara COD Pos Indonesia & Cetak Resi Pengiriman

Cara COD Pos Indonesia – Karena banyak perusahaan jasa pengiriman menyediakan layanan bayar ditempat atau COD, dimana layanan tersebut memang memiliki minat tinggi. Ternyata kesempatan sangat baik tersebut dimanfaatkan oleh pohak Pos Indonesia, jadi setiap customer dapat kirim paket dengan cara COD.

Layanan COD di kantor Pos memang berbeda dengan perusahaan lain, sehingga masih banyak orang bingung untuk menggunakan apakah bisa langsung lewat website atau ada aplikasi khusus. Perihal sistem COD Pos Indonesia hanya bisa dilakukan lewat QPOSin atau lewat website resminya juga bisa, tetapi harus memiliki akun lebih dahulu.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa persyaratan lain wajib dilengkapi agar proses dapat berjalan lancar dan perlu di ingat bahwa sistem COD bisa manfaatkan layanan pick up loh. Ketika pengiriman sudah berhasil, setiap pengirim atau penerima bisa cek resi POS Indonesia, namun pastikan sudah mengetahui ARTI STATUS POS agar paham dengan istilah istilahnya.

Pada pertemuan sangat baik ini tidak hanya di informasikan cara menggunakan layanan COD Pos Indonesia saja, dilengkapi juga dengan cara daftar akun QPOSin lewat aplikasi langsung. Oleh karena itu sangat disarankan agar simak terus artikel ini sampai selesai dengan tujuan tidak kebingungan pada saat melakukannya.

Cara COD Pos Indonesia Cetak Resi Pengiriman

Tentu banyak orang semakin penasaran dengan caranya seperti apa serta apa saja persyaratan harus dilengkapi bukan ? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, silahkan simak artikel ini sampai selesai. Baiklah untuk mempersingkat waktu, langsung saja ke pembahasan telah Carabelanja.id sampaikan berikut ini.

Syarat Cod Pos Indonesia

Syarat Cod Pos Indonesia

Diatas sudah kami jelaskan kepada anda semua, ketika ingin menggunakan layanan COD di Pos Indonesia wajib melengkapi syarat dan ketentuan. Berikut kami informasikan buat anda semua seperti dibawah ini.

  • Sudah memiliki akun QPOSin dan terverifikasi.
  • Mengetahui harga paket.
  • Barang sudah di packing dengan rapi.
  • Penulisan alamat lengkap dan benar.
  • Barang akan di pickup oleh pihak Pos.
READ  5 Cara Ekspor Porang Ke Luar Negeri (Syarat & Ketentuan)

Cara COD Pos Indonesia

Ketika semua persyaratan sudah dilengkapi semua, maka lebih mudah kirim paket dengan menggunakan layanan COD. Jika sampai disini masih belum begitu paham dengan caranya seperti apa, silahkan simak dengan teliti panduan telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

1. Buka Website QPOSin

1 Buka Website QPOSin

Pertama buka website QPOSin lewat perangkat HP, Laptop maupun juga Konmputer bisa tinggal sesuaikan saja mau menggunakan cara mana.

2. Login Akun QPOSin

2 Login Akun QPOSin

Setelah itu tinggal login akun anda dengan memasukkan email serta password, perlua diketahui password login lewat web setiap harinya berganti dan untuk mendapatkannya hanya bisa lewat aplikasi QPOSin saja.

3. Klik Order

3 Klik Order

Ketika sudah berhasil masuk akan muncul banyak informasi penting, disini anda hanya perlu pilih menu Order sesuai dengan gambar diatas.

4. Isi Data COD

4 Isi Data COD

Selanjutnya tinggal isi data COD mulai dari status pengiriman isi saja COD dan setelah itu masuukan nilai COD.

5. Isi Detail Pengirim

5 Isi Detail Pengirim

Setelah itu lanjut isi detail pengirim dari nama lengkap serta alamat lengkap dan untuk memudahkan bisa klik centang Gunakan Alamat di Profile pada saat Pendaftaran.

6. Isi Detail Penerima

6 6. Isi Detail Penerima

Kemudian isi detail penerima mulai dari Nama, Alamat lengkap, Nomor Telepone serta email.

7. Isi Data Kiriman

7 Isi Data Kiriman 1

Selepas itu tinggal lanjut isi detail pengiriman mulai dari Berta, Kategori, Ukuran dan nilai barang.

8. Tap Cek Tarif

8 Tap Cek Tarif 1

Jika sudah semuanya tinggal klik Cek Tarif pada bagian paling bawah sendiri.

9. Pilih Jenis Layanan

9 Pilih Jenis Layanan

Lalu langkah berikutnya tinggal tentukan jenis layanan, disini kami contohkan menggunakan Q-COMM, jika sudah tinggal lanjut klik Order.

10. Berhasil

10 Berhasil

Sampai disini anda sudah berhasil melakukan pengiriman dengan menggunakan layanan COD, selanjutnya tinggal klik cetak Label untuk mengetahui nomor resi pengiriman.

Cara Cetak Resi COD Pos Indonesia

Cara Cetak Resi COD Pos Indonesia

Setelah proses pengiriman sudah berhasil, nantinya akan muncul resi pada pengiriman tersebut pada umumnya akan tersedia 3 macam resi. Disini anda bisa memilih salah satunya, perihal cara cetak resi dapat simak langsung seperti dibawah ini.

  1. Ketika sudah berhasil order lewat website QPOSin, pada tampilan utama akan muncul dua pilihan yakni cetak resi dan cetak invoice. Nah, disini anda hanya perlu klik saja cetak resi pada bagian pojok kiri atas.
  2. Nantinya akan muncul resi dari pengiriman tersebut, untuk melakukan cetak resi silahkan pilih ukurannya mulai dari besar, sedang dan kecil. Jadi tinggal tentukan saja mana, lalu tinggal klik lalu cetak dan anda bisa atur sesuai dengan keinginan.
  3. Apabila anda tidak memiliki print maka salin saja nomor barcode dan nomor VA, pada bagian pojok kanan atas. Kode barcode tersebut nantinya akan digunakan pada saat kurir mengambil paket yang akan dikirimkan.
READ  7 Tips Belanja Barang Elektronik Secara Online 2021

Cara Cek Resi Pos Indonesia

Sebagai informasi tambahan buat pengguna setia jasa pengiriman Pos Indonesia, disini kami melengkapinya dengan cara cek resi Pos Indonesia. Untuk mengetahui secara detail, silahkan simak langsung sebagai berikut.

1. Buka Website Pos Indonesia

1 Buka Website Pos Indonesia

Langkah pertama harus dilakukan adalah buka website resmi Pos Indonesia bisa dilakukan lewat HP, Laptop maupun Komputer.

2. Masukkan Nomor Resi

2 Masukkan Nomor Resi

Setelah itu scroll kebawah, pada kolom lacak kiriman tinggal masukkan saja nomor Resi dan lanjut klik Tracking.

3. Berhasil

3 Berhasil

Tunggu sebentar, nantinya akan muncul detail pengiriman dan disitu anda dapat mengetahui paket sampai dimana.

Kesimpulan

Jika dilihat dari pembahasan diatas memang berbeda caranya, dimana dapat dilakukan langsung ke kantor maupun juga aplikasi. Sedangkan layanan COD harus ada beberapa tahapan harus dilakukan mulai dari nilai COD, cek ongkir dan lain sebagainya, namun secara keseluruhan dengan adanya layanan tersebut akan memudahkan banyak konsumen.

Sekiranya hanya ini saja pembahasan mengenai cara COD lewat Pos Indonesia disertai dengan cara cetak resi serta tracking dapat Carabelanja.id sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan ulasan seperti tersebut.