9 Cara Retur Barang di Tokopedia Dijamin Berhasil 2021

Cara Retur Barang di Tokopedia – Banyak pengguna aplikasi belanja online merasa sangat puas dengan produk yang dibeli, karena ada jaminan barang original, terjangkau dan bisa retur. Oleh karena itu banyak orang lebih suka belanja online bila dibandingkan dengan beli secara offline.

Saat ini ada cukup banyak marketplace bisa anda gunakan seperti Shopee, Bukalapak, Lazada dan Tokopedia. Dimana beberapa sudah kami sebutkan memang menawarkan cukup banyak promo dan program menarik dan pastinya sangat menguntungkan.

Tokopedia menjadi salah satu marketplace dengan pungguna banyak, yang lebih menariknya lagi setiap pengguna bisa mengajukan KOMPLAIN jika barang tidak sesuai. Namun sebelum melakukan retur barang, pembeli harus lakukan komplain terlebih dahulu hal ini sudah menjadi ketentuan dari Tokopedia.

Nantinya jika retur yang anda lakukan bisa pilih opsi tukar barang atau refun dana yang sudah masuk, saldo yang masuk akan disesuaikan dengan metode yang anda gunakan. Jika pakai OVO maka akan masuka ke akun OVO, tetapi jika transfer bank maka akan masuk ke saldo Tokopedia.

Cara Retur Barang di Tokopedia

Sampai disini pasti banyak pengguna yang penasaran akan cara retur barang di Tokopedia bukan, bisa jadi anda sedang mengalami kejadian seperti tersebut. Untuk mengetahui caranya, dapat simak ulasan dari Carabelanja.id seperti dibawah ini.

Apa Itu Retur Barang Tokopedia

Apa Itu Retur Barang Tokopedia

Sampai disini masih banyak pengguna yang masih belum paham apa itu retur barang Tokopedia. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan kepada anda semua dengan tujuan paham dengan yang namanya returbarang.

Retur barang Tokopedia adalah pengembalian sebuah barang/produk pada saat pembelian, namun mengalami kerusakan/tidak sesuai dengan deskripsi. Adapun untuk melakukan retur terdapat syarat dan ketentuan berlaku, jadi disini anda harus paham.

Cara Retur Barang di Tokopedia

Bagi anda yang sedang mengalami permasalahan pada saat belanja di Tokopedia menerima produk tidak sesuai. Maka lakukan saja retur, untuk caranya bisa simak ulasan sebagai berikut.

1. Cek Produk

1 Cek Produk

Langkah pertama cek produk terlebih dahulu, silahkan foto atau di video bagian yang rusak atau tidak sesuai. Hal ini untuk dijadikan bukti bila produk memang begitu adanya.

2. Buka Aplikasi Tokopedia

2 Buka Aplikasi Tokopedia

Setelah itu langsung saja buka aplikasi Tokopedia, pastikan juga jika terhubung dengan koneksi internet yang lancar.

3. Pilih Menu Akun

3 Pilih Menu Akun

Jika sudah berhasil masuk ke tampilan utama aplikasi Tokopedia, dilanjutkan pilih menu akun pada bagian pojok kanan bawah.

4. Pilih Menu Detail Pesanan

4 Pilih Menu Detail Pesanan

Jika sudah masuk ke menu akun, nantinya ada cukup banyak menu. Silahkan pilih saja pesanan tiba dan lanjut klik detail pesanan.

5. Klik Komplain

5 Klik Komplain

Nantinya akan muncul dua opsi bisa anda pilih, disini anda cukup pilih pesanan sudah diterima.

6. Lengkapi Pengjuan Komplain

6 Lengkapi Pengjuan Komplain

Untuk pertama anda harus memilih opsi tersedia bisa klik saja produk tidak lengkap/kurang. Pastikan juga jika penjual merespon komplain yang anda ajukan.

7. Pilih Menu Pesanan Dikomplain

7 Pilih Menu Pesanan Dikomplain

Kemudian klik kembali dan lanjut pilih menu pesanan dikomplain, kemudian tap saja lihat komplain.

8. Tunggu Respon Penjual

8 Tunggu Respon Penjual

Selanjutnya klik belum selesai, nah disitu anda harus menunggu respon dari CS Tokopedia dan penjualnya.

9. Klik Input No Resi

9 Klik Input No Resi

Jika penjual sudah merespon dan mengisi alamat pengembalian, maka langkah selanjutnya cukup kirim produk yang akan di retur. Apabila sudah terkirim dan menerima nomor resi, maka segera anda input langsung dan proses retur sudah berhasil.

FAQ

Apakah Penjual Menganggung Biaya Ongkos Kirimnya?

Ya, anda bisa gunakan sistem COD jadi ongkir akan ditanggung dari pihak pembeli

Bagaimana Jika Pembeli Tidak Respon?

Maka proses pengajuan komplain anda tidak bisa dilanjut, karena pihak pembeli berhak menolak dan menerima komplain

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara retur barang Tokopedia yang bisa Carabelanja.id sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu anda semua yang sedang membutuhkannya.