15 Cara Jual Produk Digital di Shopee Untuk Pemula 2020

Cara Jual Produk Digital di Shopee – Dengan semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, tentu akan memudahkan bagi semua orang. Ada cukup banyak orang yang memanfatkan dengan memulai bisnis secara online seperi online shop dan lainnya.

Terlebih saat ini ada beberapa marketplace ternama yang sudah digunakan oleh jutaan orang, tak terkecuali Shopee. Lewat perusahaan e-commerce tersebut, banyak seller yang menjual cukup banyak produk dan termasuk produk digital.

[tov]

Jika berbicara produk digital, tentu banyak orang yang bertanya apa itu produk digital dan bagimana cara jual produk digital di Shopee. Sebelum Carabelanja.id membahas lebih dalam, disini akan sedikit informasikan jika produk digital berupa produk yang tidak memiliki fisik.

Untuk mulai berjualan, para seller pemula wajib untuk aktifkan TERMASUK OBKOS KIRIM SHOPEE. Fitur ini akan tersedia bagi para seller Shopee yang berjualan produk digital. Mengenai tata cara berjualannya, anda semua dapat simak pembahasannya seperti berikut.

Cara Jual Produk Digital di Shopee Tanpa Fitur Termasuk Ongkos Kirim

Cara Jual Produk Digital di Shopee Tanpa Fitur Termasuk Ongkos Kirim

Terdapat cukup banyak jenis produk digital yang bisa anda jual di Shopee seperti jualan pulsa, Voucher Game maupun jasa. Merupakan produk tanpa fisik, maka setiap seller harus aktifkan termasuk ongkos kirim. Hal ini bertujuan agar proses pembelian akan berubah menjadi dikirim meski tanpa pengiriman.

Apa Itu produk Digital

Apa Itu produk Digital

Seperti yang sudah kami sampaikan seperti diatas, pastinya ada banyak seller yang belum paham betul apa itu produk digital dan apa saja jenis yang masuk dalam kategori produk digital. Maka dari itu, kami akan jelaskan kepada anda semua.

Produk digital adalah sebuah produk non fisik atau juga produk yang tidak memiliki bentuk fisik. Ada beberapa produk yang dikategorikan sesuai dengan ketentuan dari Shopee seperti Isi Ulang, Tagihan, Tiket, Hiburan dan Keuangan. Untuk lebih lengkap mengenai produk digital bisa lihat tabel seperti berikut.

Jenis Produk Digital

KategoriProduk
Isi UlangPulsa
Paket Data
e-Money
Roaming
TagihanListrik PLN
BPJS Kesehatan
Telkom
PDAM
Pasca Bayar
TV Kabel
Angsuran Kredit
Kartu Kredit
TiketTiket Kereta Api
Tiket Pesawat
Tiket Bus & Travel
HiburanVoucher Game
Deals Sekitarmu
Tiket Event & Hiburan
KeuanganDonasi
Zakat

Cara Jual Produk Digital di Shopee Tanpa Fitur Termasuk Ongkos Kirim

Cara Jual Produk Digital di Shopee Tanpa Fitur Termasuk Ongkos Kirim Shopee

Jika anda merupakan seller dari Shopee yang berjualan produk digital, tetapi belum mengaktifkan termasuk ongkos kirim. Maka anda lakukan cara seperti berikut agar pesanan yang masuk bisa diproses dari status menungu pengiriman menjadi dikirim.

  1. Pertama buka apliksi Shopee lewat smartphone
  2. Selanjutnya buka akun toko anda di aplikasi Shpoee
  3. Setelah masuk ke menu toko Shopee, lansung saja klik menu Dikemas pada Penjualan Saya
  4. Kemudian klik saja pada produk yang akan dikemas
  5. Lalu dilanjutkan salin nomor pesanan
  6. Sebelun ke tahap selanjutnya, anada harus caht ke pembeli jika toko belum aktifkan fitur termasuk ongkos kirim. Jadi harus menunjukan chat dengan pembeli agar pengajuan untuk aktifkan non integrated
  7. Lalu silahkan screenshot chat dengan pembeli sebagai syarat untuk aktifkan non integrated kepada pihak Shopee
  8. Jika sudah semua, maka seller langsung pergi ke pusat bantuan lalu pilih menu Chat dengan Shopee
  9. Apabila sudah berhasil masuk, maka akan ada chat dari Shopee langsung saja pilih Pesanan dan Pengantaran lalu ketik Chat dengan Agen Shopee, selanjutnya anda diberikan pilihan apakah anda pembeli atau penjual, maka pilih saja Penjual
  10. Nantinya anda akan diberikan beberapa opsi, silahkan pilih saja Pengantaran dan Pesanan, nantinya akan ada balasan dari Shopee. Lalu anda bala lagi dengan ketik saja Minta Tolong Ubah Status Pesanan. Kemudian anda masukan nomor pesanan yang sudah di salin sebelumnya
  11. Jelaskan juga jika seller berjual produk digital dan belum aktifkan fitur Termasuk Ongkos Kirim. Setelah memasukan nomor pesanan lalu dilanjutkan kirim screenshot yang berisi chat dengan pembeli
  12. Lalu anda akan mendapat balasan terkait permasalahan yang sedang dialami, pihak Shopee juga akan meminta alamat email aktif yang terdaftar
  13. Apabila anda sudah kirim email aktif yang terdaftar, maka akan ada balasan lagi mengenai permasalahan tersebut. Seller di perintahkan untuk melakukan pengecekaan alamat email secara berkala dan jangan lupa ucapkan terimakasih kepada pihak Shopee
  14. Langkah selanjutnya anda cukup lakukan pengecekan email dan pastikan jika anda mendapat email dari pihak Shopee
  15. Apabila pengajuan anda diterima maka akan muncul email bahwa nomor pesanan tersebut telah berubah statusnya menjadi Dikrim

Cara Jual Produk Digital di Shopee dengan Fitur Termasuk Ongkos Kirim

Cara Jual Produk Digital di Shopee dengan Fitur Termasuk Ongkos Kirim

Sedangkan untuk cara jual produk digital yang sudah mengaktifkan fitur termasuk ongkos kirim lebih mudah, karena untuk tata caranya seperti biasa yang mana status pengiriman akan berubah menjadi dikirim apabila pihak seller sudah lakukan konfirmasi pesanan.

Namun untuk aktifkan fitur tersebut, setiap seller harus melakukan pendaftarannya terlebih dahulu. Sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada anda semua cara aktifkan fitur termasuk ongkos kirim di Shopee. Namun untuk proses pendaftaran tidak mudah, jikapun ditolak anda bisa melakukan pengajuan ulang sampai diterima oleh pihak Shopee.

FAQ

Apakah Bisa Jual Produk Digital Tanpa Fitur Termasuk Ongkos Kirim?

Ya bisa, anda harus melakukan pengajuan kepada pihak Shopee terlebih dahulu

Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Aktifkan Fitur Termasuk Ongkos Kirim?

Setiap pengajuan harus melengkapi dokumen seperti KTP dan Buku Rekening,

Bagaimana Cara Menghubungi Pihak Shopee?

Mudah sekali, anda cukup buka Pusat Bantuan lalu pilih menu Chat dengan Shopee

Nah itulah pembahasan mengenai cara jual produk digital di Shopee tanpa fitur termasuk ongkos kirim dan pakai fitur termasuk ongkos kirim yang bisa Carabelanja.id sampaikan. Semoga saja informasi seperti diatas bisa membantu anda semua yang membutuhkannya.