7 Cara Mengembalikan Barang di Shopee Pasti Berhasil 2024

Cara Mengembalikan Barang di Shopee – Tidak hanya kemudahan dalam belanja produk saja, pengguna Shopee juga dimudahkan ketika ingin melakukan pengembalian barang di Shopee. Pasalnya pihak dari Shopee sudah menyediakan fitur seperti tersebut, namun semua itu sudah pasti ada syarat dan ketentuan berlaku.

Dengan adanya layanan seperti tersebut tak heran, jika Shopee menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang bila dibandingkan dengan lainnya. Namun sebelum melakukan pengajuan mengembalikan barang di Shopee, pastikan jika barang memang anda terima dalam keadaan rusak, cacat maka anda bisa RETUR DANA atau barang.

Meskipun sudah dimudahkan dalam melakukan retur barang di Shopee, masih banyak pengguna masih bingung bagaimana cara mengembalikan barang di Shopee. Dari sekian banyak pengalaman pengembalian dilakukan pengguna ada yang berhasil dan juga yang gagal karena beberapa alasan kuat.

Dalam mengembalikan barang di Shopee terdapat alurnya mulai dari pengemasan, selain itu juga pemilihan kurir sesuai dengan pengiriman sebelumnya seperti lewat J&T maka harus sama. Adapun dalam pengembalian tidak perlu menggunakan label pengembalian di Shopee, meskipun terdapat cara mendapat lebel pengembalian.

Cara Mengembalikan Barang di Shopee

Mungkin dari sekian banyak pembaca sedang mengalami permasalahan seperti tersebut serta bingung bagaimana cara untuk mengembalikan. Tenang saja, karena kali ini Carabelanja.id akan sampaikan kepada anda semua seperti dibawah ini.

Syarat Mengembalikan Barang di Shopee

Syarat Mengembalikan Barang di Shopee

Seperti sudah kami sampaikan kepada anda semua, proses pengajuan mengembalikan barang di Shopee terdapat beberapa persyaratan. Jika ingin mengetahui selengkapnya, dapat simak informasi seperti berikut.

  • Pastikan produk diterima dalam keadaan rusak, cacat dan tidak berfungsi seperti semestinya.
  • Pastikan jika produk tidak sesuai dengan deskripsi produk baik itu foto maupun etalase pada toko.
  • Sebelumnya sudah melakukan kesepakatan dengan pihak penjual untuk melakukan pengembalian barang.
  • Foto atau video pada saat membuka paket dan difokuskan produk yang rusak, cacat atau tidak berfungsi.

Selain ketiga persyaratan seperti tersebut, anda juga harus memilih alasan paling tepat proses pengajuan. Berikut beberapa alasan tersedia pada sistem Shopee :

  • Saya tidak menerima pesanan (Pilih alasan ini jika anda tidak menerima barang/pesanan)
  • Produk diterima tidak lengkap ( Pilih alasan ini jika barang/pesanan tidak sesuai)
  • Produk diterima cacat ( Pilih alasan ini jika barang diterima dalam keadaan rusak, cacat, bolong dan lain sebagainya)
  • Produk diterima tidak berfungsi dengan baik ( Pilih alasan ini jika anda beli produk elektronik)
  • Produk berbeda dengan foto atau deskripsi ( Pilih alasan ini jika pesanan berbeda dengan foto atau deskripsi)

Cara Mengembalikan Barang di Shopee

Ketika sudah mengetahui persyaratan mengembalikan barang di Shopee, maka lanjut ke cara pengajuan retur. Agar lebih jelas mengenai caranya, dapat simak panduan sebagai berikut.

1. Buka Aplikasi Shopee

1 Buka Aplikasi Shopee 4

Langkah pertama langsung saja buka aplikasi Shopee lewat smartphone, sebelum itu pastikan terlebih dahulu apakah sudah memenuhi semua syarat agar proses bisa di acc pihak Shopee.

2. Pilih Menu Saya

2 Pilih Menu Saya 1

Setelah berhasil masuk ke tampilan utama aplikasi, langsung saja anda klik menu Saya pada bagian pojok kanan bawah.

3. Pilih Pesanan Saya

3 Pilih Pesanan Saya

Nantinya akan muncul cukup banyak menu tersedia, sedangkan untuk proses mengembalikan barang di Shopee maka anda cukup klik saja Pesanan Saya.

4. Pilih Menu Dikirim

4 Pilih Menu Dikirim

Setelah berhasil masuk ke menu pesanan dikirim pastikan terlebih dahulu jika terdapat tulisan 7 hari pengembalian.

5. Klik Ajukan Pengembalian

5 Klik Ajukan Pengembalian

Ketika sudah dipastikan masa waktu mengembalikan barang masih ada, maka langsung saja klik rincian pesanan setelah itu tinggal klik saja Ajukan Pengembalian.

6. Pilih Alasan

6 Pilih Alasan

Lalu dilanjutkan pilih alasan kenapa anda ingin mengembalikan barang serta wajib untuk upload bukti berupa foto ataupun video untuk memperkuat jika produk tersebut sesuai dengan alasan.

7. Klik Kirimkan

7 Klik Kirimkan

Langkah terakhir masukan alamat email pada kolom tersedia dan setelah itu baru klik Kirimkan, proses pengembalian barang di Shopee sudah berhasil. Setelah itu tinggal tunggu balasan dari pihak Shopee.

FAQ

Apakah Dikenakanan Biaya Pengembalian?

Tidak, cara retur barang tidak dikenakan biaya ongkir

Bagaimana Jika Penjual Menolak Pengajuan Pengembalian Barang?

Proses pengembalian tidak bisa dilakukan, karena nantinya pihak penjual berhak menyetujui dan menolak.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara mengembalikan barang di Shopee serta syarat dan ketentuan yang bisa Carabelanja.id sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua pengguna Shopee yang membutuhkannya.