13 Cara Pengembalian Dana di Shopee : Waktu & Jenis Transaksi 2020

Cara Pengembalian Dana di Shopee – Ada cukup banyak keuntungan jika anda belanja online lewat situs Shopee, dimana pihak dari Shopee memberikan garansi yang mana menjamin pengguna dapat melakukan pengajuan pengembalian dana maupun juga barang.

Dengan adanya jaminan pengembalian seperti sudah disebutkan tadi, tentu menjadi penilaian lebih dari semua pengguna. Adapun dalam melakukan PENGAJUAN PENGEMBALIAN BARANG atau dana, setiap pengguna wajib untuk mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Perlu diperhatikan juga, setiap pengajuan pengembalian dana akan disesuaikan dengan metode pembayaran yang sebelumnya sudah dilakukan. Masing-masing metode pembayaran memiliki waktu proses pengembalian mulai dari 1 x24 jam dan ada juga yang sampai 7 sampai 14 hari.

Oleh sebab itu, kenapa kami sarankan kepada anda semua untuk mengetahui syarat dan ketentuannya. Nah, disini Carabelanja.id akan informasikan kepada anda semua cara pengembalian dana di Shopee. Untuk lebih jelasnya langsung saja pembahasan seperti berikut.

Cara Pengembalian Dana di Shopee Waktu & Jenis Transaksi

Cara Pengembalian Dana di Shopee Waktu Jenis Transaksi

Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengajukan dana di Shopee diantaranya yang sudah diterima karena barang tidak sesuai. Sedangkan pengembalian tersebut sesuai dengan metode pembayarannya. Jika tranfer bank maka uang akan masuk ke rekening atau juga menggunakan ShopeePay tentu masuk ke akun ShopeePay.

Waktu Pengembalian Dana

Waktu Pengembalian Dana

Sebelum ada keniatan untuk mengajukan pengembalian dana di Shopee, alangkah baiknya mengetahui berapa lama proses pengajuan dana masuk. Berikut ini waktu pengembalian dana sesuai dengan metode pembayaran.

Metode PembayaranMetode PengembalianWaktu Proses
ShopeePayShopeePay1×24 jam
Manual Bank transferShopeePay1×24 jam
Virtual AccountShopeePay1×24 jam
Indomaret & AlfamartShopeePay1×24 jam
KredivoKredivo7-3 Hari Kerja
AkulakuAkulaku7-3 Hari Kerja
Kartu KreditKartu Kredit7-14 Hari Kerja
Debit OnlineShopeePay1×24 jam
OneKlikShopeePay1×24 jam
Cicilan Kartu KreditKartu Kredit7-14 Hari Kerja
Cash On Delivery (COD)ShopeePay1×24 jam
ShopeePaylaterShopeePaylater2×24 jam

Syarat Mengajukan Pengembalian Dana

Syarat Mengajukan Pengembalian Dana

buyer wajib mengetahui syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Shopee yang bertujuan proses pengajuan berhasil. Nah, berikut ini beberapa hal wajib diketahui ketika ingin refund dana.

  1. Produk yang kalian terima cacat, rusak, tidak berfungsi dengan semestinya
  2. Produk tidak sesuai dengan deskripsi toko, contohnya anda beli baju warna dan ukuran tidak sesuai maka bisa dikembalikan
  3. Pembeli dan penjual sudah sepakat untuk pengajuan pengembalian dana
  4. Pastikan anda belum klik pesanan diterima atau juga masa waktu garansi dari Shopee belum berakhir

Cara Pengembalian Dana di Shopee

Sedangkan untuk cara pengembalian Dana terbilang cukup mudah, anda cukup pastikan saja jika tombol pengembalian dana masih ada. Jika penasaran dengan langkah-langkahnya, silahkan simak ulasan seperti berikut.

  1. Pertama cukup buka aplikasi Shopee lewat smartphone
  2. Kemudian tinggal pilih saja menu Saya lalu klik Pesanan Saya
    Pilih Saya
  3. Selanjutnya tinggal klik saja menu Dikirim
    Pilih Menu dikirim
  4. Langkah yang selanjutnya klik saja Rincian Pesanan
  5. Lalu pastikan jika ada fitur garansi pengembalian, jika ada cukup klik Ajukan Pengembalian
    Pilih Menu Ajukan Pengembalian
  6. Setelah itu tinggal masukan saja alasan pengajuannya
  7. Kemudian masukan alamat email pada menu Solusi
  8. Jika yakin ingin mengajukan pengembalian dana, maka klik saja Kirimkan
    Pilih Kirimkan
  9. Selanjutnya tinggal tunggu saja balasan dari pihak Shopee terkait pengajuan yang sudah anda lakukan

Jika ingin pengajuan cepat di proses, anda cukup kirimkan beberapa bukti kuat baik itu dalam bentuk foto, screemshot maupun juga video. Kami yakin proses mengajukan pengembalian dana langsung di proses oleh Shopee.

FAQ

Apa Saja Pengajuan Pengembalian yang Bisa Dilakukan?

Pengajuan dapat dilakukan jika produk rusak, cacat atau tidak berfungsi dan tidak sesuai dengan deskripsi dan foto.

Bagaiaman Jika Pengajuan Pengembalian Menggunakan Metode Pembayaran Alfamart/Indomaret?

Untuk penggunaan metode pembayaran Alfamar/Indomaret tetap bisa melakukan pengajuan, nantinya dana akan masuk ke akun ShopeePay.

Bagaimana Jika Saya Tidak Memiliki Akuan ShopeePay?

Setiap pengguna diharuskan untuk daftar akun ShopeePay terlebih dahulu

Nah itulah pembahasan mengenai cara pengembalian dana di Shopee yang dilengkapi dengan waktu proses pembayaran sesusi dengan metode digunakan yang dapat Carabelanja.id sampaikan. Semoga saja informasi seperti diatas bisa membantu semua pengguna aplikasi Shopee yang sedang membutuhkannya.