√ 7 Cara Menulis Alamat Paket Barang JNE Bagi Pemula

Cara Menulis Alamat Paket Barang JNE – Kemudahan melakukan belanja online memang tidak lepas dengan adanya expedisi logistik yang bergerak di bidang pengiriman paket barang. Melalui jasa kurir yang tersedia, kegiatan jual beli online dapat berjalan dengan lancar.

Meski sudah tidak asing lagi dengan kirim dan menerima paket, namun dari kebanyakan orang masih awam dalam hal kirim paket. Yang sering terjadi ketika pemula akan mengirim paket barang terjadi kesalahan pada penulisan alamat, maka tak heran jika beberapa expedisi seperti JNE Express menyarankan untuk penulisan alamat lebih lengkap.

Meski berkesan sepele hanya sekedar penulisan alamat saja, tetapi hal ini membuat kurir JNE Express mengalami kesulitan untuk mencari alamat tujuan. Dari kejadian yang sudah-sudah, banyak kurir dari JNE mengambil keputusan untuk mengembalikan paket barang ke gudang. CARA MENULIS ALAMAT KIRIM PAKET tidak hanya berlaku bagi JNE saja, pengiriman lewat Tiki juga demikian.

Untuk mencegah kejadian seperti tersebut, bagi pemula yang ingin kirim paket, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu cara menulis alamat paket barang JNE. Pada intinya dalam menulis peket kiriman JNE harus jelas, lenkap dan jangan sampai lupa memasukan nomor HP penerima dan pengirim.

Panduan Cara Menulis Alamat Paket Barang JNE

Cara Menulis Alamat Paket Barang JNE

Meskipun dari pihak JNE Express tidak memberikan aturan khusus penulisan dan penempatan alamat tujuan, namun setidaknya anda memberi kemudahan bagi kurir. Jika anda penasaran cara menulis alamat yang benar, berikut ini Carabelanja.id memberikan contoh menulis alamat kirim barang, agar lebih jelas simak seperti berikut.

Format Penulisan Alamat Pengirim

Format Penulisan Alamat Pengirim 1

Dalam penulisan alamat kirim paket lewat JNE tidak harus lengkap sekali, cukup penulisan jelas dan memberi patokan rumah saja. Berikut contoh penulisan alamat yang benar.

READ  √ 7 Cara Menulis Alamat Paket Barang J&T Bagi Pemula

Nama Lengkap/Nama Toko Anda :

Alamat (Dilengkapi nama jalan) :

Kelurahan :

Kecamatan :

Kode Pos :

Kabupaten :

Provinsi :

Nomor HP Pengirim :

Format Penulisan Alamat Penerima

Format Penulisan Alamat Penerima 1

Sama halnya dengan penulisan alamat pengirim, form penulisan alamat penerima juga sama. Pada pengisian alamat tujuan, usahakan memasukan patokan rumah demi kemudahan kurir mencari alamat tujuan. Lebih jelasnya anda bisa gunakan saja form penulisan alamat seperti berikut.

Nama Lengkap :

Alamat (Dilengkapi nama jalan) :

Kelurahan :

Kecamatan :

Kode Pos :

Kabupaten :

Provinsi :

Nomor HP Pengirim :

Cara Menulis Alamat Pengiriman Packing Amplop

Cara Menulis Alamat Pengiriman Packing Amplop

Setiap paket barang yang akan dikirim pastinya memiliki jenis atau bentuk packing beragam, ada yang berbentuk amplop atau kertas dan ada yang dalam bentuk kardus. Disini kami akan jelaskan tata cara menulis alamat pada packingan kertas/amplop.

Terdapat dua format sering digunakan jika bentuk packing berupa kertas atau amplop, pertama penulisan alamat dibagi menjadi dua bagian. Untuk penempatan alamat pengirim biasanya pada bagian pojok kiri atas, sedangkan untuk alamat penerima/tujuan pada bagian pojok kanan bawah.

Sedangkan format kedua, penulisan alamat penerima dan pengirim dijadikan satu dalam kertas lembaran. Penggunaan format tetap sama seperti sudah kami jelaskan diatas. Lalu penempatan posisi yang benar pada bagian tengah, cari saja titik center dari packing amplop atau kertas.

Cara Menulis Alamat Pengiriman Packing Kardus

Cara Menulis Alamat Pengiriman Packing Kardus 1

Berlanjut ke penulisan alamat berupa packing kardus dan sejenisnya, sebetulnya sama si dengan packing amplop. Si pengirim bisa menaruh format penulisan yang sudah disebutkan tadi, bisa ditaruh pojok kanan atau kiri. Silahkan pilih penempatan yang dirasa-rasa tidak terganggu.

Namun kami lebih menyarankan jika packing kardus, lebih enaknya di bagian tengah. Kenapa harus ditengah? Selain anda bisa menulis alamat tujuan berukuran besar, kurir juga tidak kesulitan untuk membaca alamat tujuannya.

Posisi Penulisan Alamat Pengiriman JNE

Posisi Penulisan Alamat Pengiriman JNE

Diatas memang sudah disebutkan beberapa posisi yang baik dalam penempatan penulisan alamat, tinggal sesuaikan saja deh mau ditengah, samping atau pojok kanan maupun pojok kiri. Dengan catatan penempatan posisi alamat pengiriman tidak terhalang packing atau sejenisnya.

READ  20 Syarat & Cara Mengirim Barang Lewat Rail Express 2021

Agar lembar kertas tidak sobek atau basah, sebaiknya dilapisi dengan lakban agar dijamin keamanannya. Karena sering terjadi yang mana kertas alamat pengiriman sobek karena tertumpuk dengan paket lain.

Cara Packing Agar Alamat Pengiriman Terlihat Jelas

Cara Packing Agar Alamat Pengiriman Terlihat Jelas 1

Bila belum berpengalaman dalam kirim paket, tentu kesulitan dalam melakukan packing paket atau barang. Disini kami sedikit informasikan bagaimana cara packing yang baik dan benar.

  1. Pertama tentukan jenis packing sesuai dengan barangnya apa
  2. Kedua lapisi paket barang dengan bubble wrap
  3. Ketiga lapisi dengan kertas atau plastik agar paket tidak bergerak
  4. Bungkus pakai kardus dan dilapisi plastik, kemudian lakban
  5. Terakhir tempelkan kertas lembaran yang sudah anda isi alamat tujuan dan pengiriman

Tips Kirim Paket Bagi Pemula

Tips Kirim Paket Bagi Pemula 1

Jika sudah mengetahui format penulisan alamat yang benar, pasti anda bingung apa tips agar paket sampai tujuan, aman dan tidak rusak. Untuk tahu tipsnya, langsung simak ulasan berikut.

  1. Packing paket dengan benar dan rajin
  2. Penulisan alamat jelas, lengkap dan detail
  3. Kasih pemberitahuan jika barang mudah pecah
  4. Kunjungi agen JNE terdekat
  5. Pilih estimasi waktu pengiriman
  6. Bayar dan ambil nomor resinya

FAQ

Kenapa Penuliasan Alamat Harus Benar?

Agar kurir yang kirim paket anda bisa menemukan alamat tujuan

Apakah Penulisan Alamat Tidak Lengkap Paket Tetap Terkirim?

Tetap bisa, asalkan anda sudah mencantumkan nomor HP Penerima

Bagaimana Jika Penulisan Alamat Pengiriman Salah?

Segera konfirmasi ke pihak JNE atau Kurir yang sedang antar paket barang anda

Nah itulah informasi dapat Carabelanja.id sampaikan kepada anda cara menulis alamat paket barang yang benar. Mungkin cukup sekian ulasan kali ini, semoga saja pembahasan seperti diatas bisa membantu anda semuanya.