√ Biaya Asuransi J&T 2020 : Pengertian, Syarat & Cara Hitung Asuransi

Biaya Asuransi J&T – Meski kini sudah dimudahkan dengan adanya jasa pengiriman paket barang dengan jaminan paket pasti sampai dengan aman. Namun untuk antisipasi hal yang tidak di inginkan, alangkah baiknya gunakan saja asuransi pengiriman.

Dengan menyertakan premi pada jasa pengiriman J&T Express, maka anda sudah bisa tenang, karena sudah ada jaminan. Adapun jaminan tersebut berupa ganti rugi sesuai dengan nilai barang tersebut. Hal tersebut telah disesuaikan dengan syarat & ketentuan yang berlaku.

Sama seperti halnya dengan ASURANSI JNE, setiap pengirim atau penerima diharuskan untuk menggunakan asuransi yang disesuaikan dengan jenis paket barang atau dokumen. Meskipun sudah terdapat ketentuannya, namun anda juga harus tahu perhitungan besaran biaya asuransi yang dikenakan.

Untuk menghitung besaran biaya asuransi cukup mudah sekali, sesuai ketapan dari pihak J&T Express. Untuk biaya per paket sebesar 0,02% dari harga invoice, besaran ini sama seperti expedisi JNE. Untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya, langsung saja simak informasi dari Carabelanja.id seperti berikut.

Pengertian Biaya Asuransi J&T Beserta Syarat & Cara Hitung Asuransi

Pengertian Biaya Asuransi JT Beserta Syarat Cara Hitung Asuransi

Jika anda merupakan buyer, maka perhitungan seperti ini memang wajib untuk mengetahui. Kenapa demikian? Hal ini bertujuan agar anda tidak kena tipu atau hal yang merugikan bagi anda. Untuk lebih jelasnya, langsung simak pembahasan seperti berikut.

Apa Itu Biaya Asuransi J&T

Dari sekian banyak perusahaan jasa pengiriman yang ada di Indonesia memang terdapat syarat dan ketentuan dalam proses pengirimannya tak terkecuali asuransi pada expedisi J&T. Jika berbicara soal asuransi, mungkin diantara anda semua masih banyak yang belum mengetahui mulai dari manfaat dan fungsinya.

Nah disini kami akan jelaskan kepada anda semua apa itu asuransi J&T, jika asuransi J&T adalah sebuah layanan jaminan keamanan pengiriman produk atau barang ketika pengiriman berlangsung. Biaya asuransi tersebut akan dibedakan dari jenis produk atau barang, dimana masing-masing memiliki nilai yang berbeda-beda.

Syarat & Ketentuan Asuransi J&T

Syarat Ketentuan Asuransi JT

Sama seperti dengan perusahaan jasa expedisi J&T express memberikan asuransi kepada setiap pengguna ketika melakukan kirim paket barang. Adapun pada layanan ini terdapat syarat dan ketentuannya seperti berikut.

  • Barang atau dokumen dengan nilai harga lebih dari 10 kali lipat biaya ongkos kirim, maka wajib untuk di asuransikan
  • J&T bertanggung jawab penuh untuk mengganti kerugian jika paket mengalami kerusakan, keterlambatan, kehilangan yang diakibatkan kelalaian dari pihak J&T
  • Jaminan ganti rugi jika mengalami kerusakan, kehilangan dan hal lainnya yang diperkuat dengan bukti kelalaian dari pihak J&T

Cara Hitung Asuransi J&T

Cara Hitung Asuransi JT

Untuk menggunakan asuransi lewat expedisi J&T, terdapat beberapa ketentuan yang berlaku yang mana besaran asuransi dihitung dari 0.02% dari biaya invoice. Maka dari itu anda semua harus mengetahui perhitungan besaran asuransi yang dikenakan pada paket barang anda.

Jika anda ingin mengetahui lebih jelas dan detailnya, silahkan simak contoh yang kami sampaikan seperti berikut :

Contoh Perhitungan : (0,2% x Rp. 3.000.000) + Rp. 5.000 (Biaya Penanganan) = Rp. 11.000, maka asuransi dari paket barang tersebut sebesar Rp. 11.000.

Biaya Asuransi J&T

Biaya Asuransi JT

Selain dapat menghitung biaya asuransi J&T, anda juga harus mengetahui beberapa ketentuan mengenai biaya asuransi yang telah ditetapkan. Terdapat beberapa jenis barang/dokumen dengan nilai asuransi berbeda-beda dan itu dapat dilihat dari harga produk.

  1. Biaya asuransi maksimal sebesar Rp. 1.000.000 ( satu juta rupiah)
  2. Biaya asuransi dokumen masksimal sebesar Rp. 100.000 (Seratus ribu rupiah)
  3. Biaya pergantian barang rusak atau hilang maksimal sebesar Rp. 20.000.000 (Dua puluh juta rupiah)
  4. Biaya pergantian dokumen rusak atau hilang maksimal sebesar Rp. 2.000.000 (Dua juta rupiah)

Cara Klaim Asuransi J&T

Cara Klaim Asuransi JT

Ketika anda sebagai seller atau buyer yang mengalami kejadian seperti barang atau produk rusak atau hilang, maka segera lakukan klaim ke J&T. Nah berikut ini prosedur jika ingin mengajukan klaim premi J&T Express seperti dibawah ini.

  • Lengkapi bukti-bukti yang kuat foto barang, faktur/invoice pembelian, nomor resi asli dan foto sebelum packing
  • Pastikan pengirim yang mengajukan klaim, karena hanya pengirim saja yang bisa klaim asuransi J&T
  • Proses klaim dapat dilakukan lewat kantor pusat, cabang atau sub agen
  • maksimal wakltu klaim hanya 3 hari saja

Jika anda sudah melengkapi semua bukti yang sudah kami sebutkan seperti diatas, maka langkah selanjutnya cukup kunjungi saja kantor pusat, cabang atau sub agen J&T. Langsung saja menuju ke petugas dan informasikan klaim asuransi, nantinya anda akan dibantu untuk pengajuan klaim premi hingga selesai.

FAQ

Berapa Lama Waktu Klaim Premi J&T?

Untuk expedisi J&T express memberi batas waktu selama 3 hari semenjak paket diterima

Siapa yang Bisa Klaim Asuransi J&T?

Yang bisa klaim adalah si pengirim

Apa Saja yang Bisa di Asuransikan?

Semua pengiriman dengan nilai atau harga 10 kali lipat lebih besar dari biaya pengiriman

Nah itulah pembahasan mengenai biaya asuransi J&T Express dan dilengkapi dengan pengertian beserta cara menghitung premi J&T yang bisa Carabelanja.id sampaikan kepada anda semua. Semoga saja informasi seperti diatas bisa membantu anda semua yang belum mengetahui lebih jelas dan detail.