√ Biaya Asuransi Sicepat 2020 : Pengertian, Syarat & Cara Hitung Asuransi

Biaya Asuransi Sicepat – Aktivitas kirim paket barang memang sudah dimudahkan dengan adanya jasa pengiriman barang, sehingga semua orang bisa dengan mudah untuk kirim barang baik dalam kota, luar pulau dan bahkan ke manca negara. Saat ini ada beberapa perusahaan terpecaya yang bisa anda gunakan, masing-masing memang memiliki layanan yang sangat memuaskan.

Salah satunya adalah Sicepat Express, meskipun terbilang masih baru bila dibandingkan dengan POS, Tiki dan JNE. Namun expedisi tersebut telah dipercaya oleh banyak orang, hal ini dikarenakan Sicepat memiliki layanan yang tepat waktu, aman dan pasti sampai. Terlebih pihak Sicepat juga memberikan asuransi apabila paket barang memiliki nilai tinggi.

Bila berbicara soal asuransi, semua perusahaan memang memberikan layanan asuransi yang bisa digunakan oleh setiap pengguna. Biaya asuransi yang dikenakan setiap perusahaan akan berbeda-beda, misalnya BIAYA ASURANSI J&T memiliki ketentuan dari jenis produk yang bisa di asuransikan.

Nah, untuk biaya asuransi Sicepat memang tidak jauh berbeda dari JNE, J&T dan lainnya. Anda juga bisa hitung asuransi Sicepat, perhitungan tersebut nantinya akan ditambahkan dengan biaya administrasi. Jika anda ingin mengetahui lebih jelas dan detailnya, dapat simak ulasan dari Carabelanja.id seperti berikut.

Pengertian Biaya Asuransi Sicepat Beserta Syarat & Cara Hitung Asuransi

Pengertian Biaya Asuransi Sicepat Beserta Syarat Cara Hitung Asuransi

Mengenai asuransi dari Sicepat memang wajib untuk anda ketahui, terlebih jika anda merupakan seller yang sering melakukan kirim paket barang. Untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya, langsung saja simak sebagai berikut.

Apa Itu Biaya Asuransi Sicepat

Meski kebanyakan orang sudah paham betul dengan asuransi, namun setiap perusahaan akan memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Sama seperti halnya dengan asuransi Sicepat, kami yakin sekali masih banyak orang yang belum mengerti secara detail dari fungsi, manfaat dan cara klaim.

Untuk itu, kali ini akan kami jelaskan kepada anda semua apa itu asuransi Sicepat, jika asuransi Sicepat adalah sebuah layanan jaminan keamanan dari paket barang yang akan dikirim oleh pihak pengirim. Sedangkan untuk premi yang dikenakan tergantung dari nilai barang itu sendiri.

Syarat & Ketentuan Asuransi Sicepat

Syarat Ketentuan Asuransi Sicepat

Sebelum mengetahui akan cara menghitung dan besaran biaya premi di Sicepat Express, pengguna dari layanan tersebut memang wajib untuk mengetahui sayarat dan ketentuan ketika menggunakan asuransi. Berikut ini beberapa hal yag wajib untuk anda ketahui terlebih dahulu.

  • Paket barang dengan nilai harga lebih dari satu juta rupiah
  • Dokumen penting dengan nilai lebih tinggi 10 kali lipat biaya ongkos kirim
  • Paket yang tidak diasuransikan akan dapat ganti rugi sebesar 10 kali lipat ongkos kirim atau diambil harga paling rendah dengan maksimal Rp. 500.000
  • Biaya administrasi sebesar Rp. 100.000

Cara Hitung Asuransi Sicepat

Cara Hitung Asuransi Sicepat

Setiap konsumen dari Sicepat memang diwajibkan untuk mengguakan premi apabila paket yang dikirim memiliki nilai atau harga tinggi. Dalam hal ini anda juga harus tahu perhitungan biaya asuransi dengan nominal sesuai dengan invoice atau faktur. Nah, berikut ini kami akan informasikan kepada anda semua cara menghitung asuransi Sicepat berikut biaya administrasi.

Jika paket yang anda kirim memiliki nilai harga sebesar Rp. 1.000.000 maka perhitungannya seperti berikut :

1.000.000 (Harga Paket) x 0.5% (Biaya Asuransi) = Rp. 5.000

Jadi biaya asuransi yang dikenakan pada paket tersebut sebesar Rp. 105.000 dan ini sudah berikut biaya administrasi.

Biaya Asuransi Sicepat

Biaya Asuransi Sicepat

Mengenai biaya asuransi di expedisi Sicepat memang berbeda dengan beberapa expedisi lainnya seperti JNE, Tiki, J&T dan masih banyak lagi lainnya. Untuk biaya asuransi yang dikenakan sebesar 0.5% per kiriman dengan nilai paket diatas lebih dari 1 juta rupiah.

Untuk biaya asuransi sicepat sendiri sebesar RP. 1.000.000, sedangkan untuk paket barang yang tidak di asuransikan tetapi terjadi kerusakan atau hilang. Maka pihak Sicepat akan mengganti rugi sebesar 10 kali lipat ongkos kirim atau diambil nilai paling dengan maksimal Rp. 500.000.

Cara Klaim Asuransi Sicepat

Cara Klaim Asuransi Sicepat

Dari kebanyakan pengguna dari Sicepat memang tidak pernah mengalami kejadian seperti barang hilang atau rusak, karena ini sudah menjadi prioritas dari expedisi tersebut. Namun, bagaimana jika terjadi hal demikian? Apa yang harus dilakukan. Mengenai hal ini, anda cukup ikuti prosedur seperti berikut.

  • prosedur klaim asuransi hanya bisa dilakukan oleh pihak pengirim
  • Pihak pengirim harus melengkapi beberapa bukti seperti nomor resi asli, bukti kerusakan atau hilang dan hal lainnya
  • Batas waktu klaim kehilangan maksimal 14 hari kerja
  • Batas waktu klaim kerusakan maksimal 2 hari jam kerja
  • Proses kali bisa dilakukan lewat kantor pusat dan cabang
  • Setelah pihak Sicepat menerima laporan klaim, maka Sicepat akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait hal tersebut
  • Pihak pengirim akan mendapat informasi lebih lanjut setelah melakukan pemeriksaan

FAQ

Kapan Saya Bisa Lakukan Klaim Asuransi Sicepat?

Proses klaim dapat dilakukan setelah paket diterima

Apakah Bisa Klaim Lewat Call Center?

Bisa, tetapi nantinya anda diperintahkan untuk menuju kekantor pusat atau cabang terdekat

Bagaimana Jika Tidak Menggunakan Asuransi?

Konsumen tetap mendapat biaya ganti rugi sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku

Kenapa Klaim Ditolak?

Ada beberapa penyebab, salah satunya telah melebihi batas waktu yang sudah ditentukan

Nah itulah pembahasan mengenai biaya asuransi Sicepat Express dan dilengkapi dengan penegertian, syarat dan cara menghitung biaya asuransi yang bisa Carabelanja.id sampaikan kepada anda semua. Semoga saja informasi seperti diatas bisa membantu bagi pengguna expedisi dari Sicepat Express.