3 Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Telah Dibayar

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee – Shopee merupakan platform marketplace yang menyediakan cukup banyak produk dan beragam layanan bisa anda gunakan kapan saja dan di mana saja. Di sini anda bisa memanfaatkan semua layanan yang sudah tersedia mulai dari belanja kebutuhan rumah tangga, fashion, barang elektronik dan masih banyak lagi lainnya.

Pengguna juga dimudahkan dengan tersedianya metode pembayaran dari transfer Bank, toko retail (Alfamart & Indomaret) dan juga Shopeepay (uang elektronik resmi Shopee). Jika anda ingin menggunakan Shopeepay sebagai metode pembayaran di dalam aplikasi, pengguna diharuskan Aktivasi Shopeepay terlebih dahulu. Setelah aktivasi berhasil, Shopeepay bisa digunakan untuk belanja atau juga bayar tagihan lewat aplikasi Shopee pastinya.

Seperti sudah kami sebutkan tadi, jika aplikasi Shopee memiliki ragam layanan bisa anda gunakan. Semisalnya saja ketika belanja terjadi kesalahan, namun anda sudah melakukan pembayaran. Setiap pengguna bisa manfaatkan saja fitur Batalkan Pesanan, pada fitur  tersebut bisa digunakan apabila pembayaran belum terverifikasi dan sudah terverifikasi.

Dari kedua cara yang sudah Carabelanja.id sampaikan tadi, fitur tersebut memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing.  Jika anda penasaran bagaimana cara menggunakan fitur batalkan pesanan, maka dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Telah Dibayar

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Telah Dibayar

Tidak seperti fitur PENGEMBALIAN BARANG, setiap pengguna harus memastikan jika barang yang anda terima dengan keadaan rusak, cacat atau juga barang tidak berfungsi dengan baik. Karena itu merupakan syarat paling utama, sedangkan untuk fitur batalkan pesanan bisa anda lakukan sebelum paket sudah dikirim oleh pihak penjual.

1. Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Secara Otomatis

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Secara Otomatis

Terdapat beberapa tipe pembatalan pesanan di Shopee, sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari pihak Shopee. Untuk yang pertama adalah pembatalan secara otomatis, pesanan otomatis akan dibatalkan jika :

  1. Pembeli tidak melanjutkan proses pembayaran sampai batas waktu sudah ditentukan
  2. Penjual tidak memproses pesanan dari pembeli sampai batas waktu pesanan dikirim berakhir
  3. Penjual tidak mengirimkan pesanan ke pihak kurir dan nomor resi pengiriman tidak terverifikasi hingga batas waktu berakhir

2. Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Telah Terverifikasi

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Telah Terverifikasi

Proses pembatalan setelah pesanan terverifikasi bisa anda lakukan melalui fitur batalkan pesanan. Fitur batalkan pesanan memiliki batas waktu 1 x24 jam. Sebagai contoh saja : “Pembayaran terverifikasi pukul 09.00 dan pembeli melakukan pembatalan pukul 12.00, maka pengajuan pembatalan ini perlu respons dari pihak penjual”.

Apabila penjual tidak ada respons maka secara otomatis sistem akan melakukan pembatalan setelah 1 x 24 jam. Namun dari pihak penjual juga berhak menolak pengajuan yang anda lakukan, oleh karena itu anda harus konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak penjual melalui fitur chat.

3. Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Telah Dibayar

1. Buka Aplikasi Shopee

1 6

Silahkan langsung saja buka aplikasi Shopee anda lewat smartphone

2. Pilih Menu Saya

2 6

Pada tampilan utama aplikasi Shopee, pilih saja menu Saya pada bagian pojok kanan bawah

3. Pilih Pesanan Saya

3 5

Selanjutnya silahkan pilih saja menu Pesanan Saya, lalu klik pesanan hendak anda batalkan

4. Pilih Batalkan Pesanan

4 5

Setelah anda masuk menu selanjutnya, pada bagian bawah terdapat dua pilihan, silahkan pilih Batalkan Pesanan

5. Konfirmasi Membatalkan Pesanan

5 5

Lalu langkah yang terakhir cukup konfirmasikan saja dengan cara klik Ya

Setelah proses pembatalan berhasil, secara otomatis sistem akan mengembalikan dana anda ke akun Shopeepay, jika tidak memiliki akun Shopeepay dana akan dikembalikan ke rekening Bank anda. Sekiranya cukup sekian informasi dari Carabelanja.id yang bisa kami sampaikan, semoga saja artikel diatas bisa membantu anda semuanya.